Tips Memulai Usaha Agen Telur Ayam Negeri

Peluang agen telur ayam sangat menjanjikan apalagi tak memerlukan modal besar untuk mulai melakukan usaha ini. And Ajuga dapat memperoleh supplier telur yang terpercaya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan memulai sendiri dari awal serta membeli telur yang tersebar di pasaran.
Peluang usaha serta keuntungan yang diperoleh dari berjualan seperti ini biasanya begitu besar karena telur banyak orang yang mencari serta mengkonsumsinya bagi makanan sehari-hari selain itu telur juga sering digunakan sebagai jamu, restoran, warung, perseorangan, pedagang kaki lima dan yang lainnya.
Sehingga, jika akan memulai usaha sebagai agen entah untuk bisnis utama maupun bisnis sampingan, keuntungan yang dapat diperoleh cukup banyak. ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memutuskan menjadi penjual telur ayam di Indonesia.
Ada banyak orang yang menawarkan peluang usaha yang menggiurkan ini, sehingga jangan pernah Anda sebarangan karena bisa tertipu. Sebelum memulai bisnis, perhatikan supplier yang menawarkan Anda. Supplier agen telur ayam yang menawarkan haruslah orang yang bisa dipercaya. Hal ini bukan hanya terlihat dari hasil produk ayam, namun harga yang ditawarkan. Apakah harga yang mereka tawarkan masih cukup wajar?

Ingat, ketika melakukan cara jadi agen telur ayam, tentunya tidak akan membeli telur secara eceran. Tetapi bisa berbox-box atau dalam jumlah yang besar. Anda harus memperhatikan harga yang mereka tawarkan, apakah harga yang ditawarka jika membeli dalam jumlah banyak dan sedikit akan sama ataukah berbeda. Sesudah memperoleh supplier peluang usaha telur ayam yang memilliki harga murah dan wajar. Inilah saatnya untuk memulai melakukan langkah berikutnya yakni menjual telur tersebut.
Tips memulai usaha penjualan telur ayam negeri
Mengapa memilih telur dalam negeri? Biasanya telur ini paling banyak dicari pedagang atau pembeli lainnya entah di restoran, warung karena harga telur dalam negeri lebih murah bila dibandingkan dengan telur ayam kampung biasa. Sehingga, lebih baik berjualan telur ayam ras atau telur dalam negeri.
Setelah itu, hal yang harus dilakukan seperti:
  1. Cari target pemasaran dengan mengumpulkan data di rumah atau warung makan yang membutuhkan pasokan telur ayam negeri.
  2. Tetapkan harga bersaing serta menggiurkan untuk salon pembeli.
  3. Mulai lakukan pemasaran agen telur ayam entah dilaukan secara offline maupun melakukannya dengan cara online di media sosial serta web.
Cara memulai menjadi distributor telur
Namun, bagaimana cara memulai bisnis sebagai agen telur? Berikut beberapa tipsnya:
  1. Cari pemasok tepat
Banyak yang bisa dilakukan menekuni bisnis agen telur ayam negeri. Bila tidak mempunyai modal serta waktu berlebih menjadi peternak ayam, pilihan lainya adalah menjadi distributor ayam. Cara pertama ialah mencari pemasok yang tepat.
Hal yang dimaksud di sini ialah pemasok yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan kuantitas dan kualitas yang terjaga dengan baik. jika perlu, gunakan lebih dari satu pemasok dalam negeri. Ini dimaksudkan memenuhi kebutuhan telur bila sewaktu-waktu pemasok utama tidak bisa mewujudkan hal tersebut.
Satu hal yang harus di ingat  ketika mencari pemasok ialah cari pemasok yang lokasinya dekat dengan tempat usaha Anda. hal tersebut dimaksudkan karena telur mempunyai masa pakai yang cukup terbatas.
  1. Pastikan harga bersaing
Menjadi supplier telur yang memiliki harga murah sebenarnya menguntungkan karena harga murah ebih diminati pedagang dan konsumen. Tetapi hal yang harus diidngat untuk masalah harga ini ialah tak semua konsumen dan pedagang tergiur pada harga murah yang ditawarkan. Pemberian harga murah juga tak baik untuk kesehatan finansial Anda.

Sebaliknya, pemberian harga yang terlalu tinggi juga bisa membuat calon konsumen ragu melakukan pembelian. Apalagi pedagang, mereka akan melakukan perbandingan antara harga di tempat satu dengan tempat yang lainnya. sehingga waspadai ketika menetapkan harga. Jangan sampai Anda terjebak dengan pertimbangan yang kurang tepat.
  1. Pangsa pasar seluas mungkin
Mencari pangsa pasar yang seluas mungkin sangat dibutuhkan. Hal tersebut memiliki kaitan dengan jumlah pasikan telur serta masa penggunaan telur. Bila pemasok telur telah mengirimkan teur di dalam jumlah yang banyak, telur harus segera dipasarkan ke konsumen dan pedagang. Hal tersebut penting untuk pencegahan waktu penyimpanan yang terlalu lama di distributor. Oleh sebab itu pangsa pasar nan luas sangat dibutuhkan.
Jangan sampai telur lama disimpan distributor, dan mengurangi mutu telur yang Anda kirimkan. Karena, hal ini bisa mengurangi kualitas dan mutu telur ini sendiri. Jangan sampai telur busuk saat sampai di tangan konsumen terakhir. Selain itu perluasan pangsa pasar juga bisa membuat pesanan telur Anda bertambah hingga akhirnya telur Anda akan lekas laku, ini juga berdampak pada penjualan telur yang dilakukan.
  1. Mempunyai sarana transportasi
Agar bisa menjadi supplier agen telur ayam atau distributor yang sukses, hal lain yang harus diperhatikan ialah mempunyai sarana transportasi yang lengkap. Sebagai seorang distributor, adanya sarana transportasi bagi mobilitas telur harus ada. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan skala usaha. Usaha yang tidak berkembang atau masih berkembang dengan lambat memang tak memerlukan moda transportasi yang banyak. Tetapi untuk usaha yang telah berkembang dengan pesat, sudah pasti membutuhkan armada transportasi yang kompleks.
Adanya sarana transportasi tersebut akan memudahkan Anda sendiri untuk mengatur jam kerja dari para karawan, pengusaha juga akan memasang promosi pada pedagang serta calon konsumen. Contohnya pengiriman gratis untuk daerah yang ada di sekitar Anda. Demikian tips menjadi agen telur ayam.