Deretan Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan

Manfaat putih telur mentah seringnya digunakan sebagai masker alami yang diaplikasikan pada wajah. Telur merupakan bahan makanan yang nampaknya sudah tak terpisahkan lagi dari kehidupan masyarakat. Hampir setiap hari pasti telur selalu menjadi lauk persediaan di rumah. Untuk memperoleh telur pun sangat mudah karena banyak tresedia di berbagai warung, toko kelontong, pasar hingga swalayan. Harga telur pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lauk daging ataupun ikan. Walau lebih murah, namun nutrisi yang diberikan oleh telur cukup tinggi dan beragam. Tak kalah dengan kandungan nutrisi jenis lauk lainnya. bahkan telur juga lebih mudah untuk diolah menjadi berbagai sajian makanan dari mulai yang sederhana hingga hidangan special. Selama ini kuning telur dianggap lebih mengandung zat gizi yang jauh lebih baik dari putih telur. Namun ternyata putih telur tidak kalah bernutrisi dibanding kuning telur.
Manfaat Putih Telur Mentah dan Matang Bagi Kesehatan
Putih telur justru mengandung kadar protein yang jauh lebih tinggi daripada kuning telur. bahkan di dalam putih telur juga tidak terkandung kolesterol layaknya pada kuning telur. meski kolesterol yang terdapat di dalam kuning telur adalah koleseterol baik, namun mengkonsumsinya secara berlebihan juga dapat memberikan pengaruh pada kesehatan. Bagi yang penasaran, berikut ini adalah daftar manfaat putih telur mentah dan matang bagi kesehatan yang belum banyak diketahui.
-          Nutrisi pada putih telur mudah diserap oleh tubuh
Telur yang berkualitas baik dapat ditunjukkan melalui beberapa karakteristik. Salah satunya dapat dilihat melalui putih telur. telur yang masih berkualitas memiliki tektsur putih telur yang terpisah sepurna dengan kuning telur dan pekat. Warna putih telur yang masih fresh juga bening dan tidak pekat. Dan yang paling penting, telur belum mengeluarkan bau busuk.
Ternyata putih telur mengandung protein yang lebih tinggi jika dibandingkan pada kuning telur. Tak hanya protein, beberapa nutrisi lain yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan un terdapat di dalam putih telur. tekstur dan komposisi nutrisi dalam putih telur tersebutlah yang membuat protein serta kandungan nutrisi putih telur lainnya lebih mudah diserap oleh tubuh.
Berbeda dengan jenis lauk lainnya seperti daging, ikan atau minuman berportein yang justru kandungan protein khususnya sulit diserap oleh tubuh. Dengan demikian, protein dapat sepenuhnya diserpa oleh tubuh tanpa ada yang terbuang sia-sia. Putih telur ternyata tak hanya dapat dikonsumsi setelah pengolahan namun juga dapat dikonsumsi mentah-mentah. Manfaat telur ayam mentah banyak digunakan sebagai campuran jamu yang dapat meningkatkan stamina. Biasanya telur ayam mentah dicampurkan pada STMJ atau susu telur madu jahe yang diaduk merata. 
-          Mampu mencerahkan dan mengencangkan kulit
Telur mentah khususnya putih telur juga mampu memberikan njstrisi alami bagi kulit dan membuatnya lebih sehat. Tak hanya lebih sehat, pengaplikasian masker putih telur pada wajah juga mampu mencerahkan kulit wajah secara alami. Pengaplikasikan masker putih telur secara alami juga dapat menjaga dan elastisitas dan mengencangkan kulit sehingga terhindar dari dampak penuaan dini. Masker putih telur inilah yang merupakan manfaat putih telur yang benar-benar efektif dan manfaatnya dapat terlihat langsung. Masker putih telur juga dapat diaplikasikan dengan kombinasi berbagai bahan salah satunya adalah madu yang mampu menjaga kelembaban kulit.
-          Sebagai sumber protein alami
Seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya, putih telur mengandung beragam nutrisi yang tak kalah efektif dibanding kuning telur. justru kandungan protein hewani alami melimpah terkandung di dalam putih telur dan sangat menyehatkan. Beberapa jenis protein yang terdapat di dalam putih telur antara lain kalsium, fosfor, potassium dan zink.
Kombinasi berbagai zat tersebut mampu menghasilkan asam amino yang sangat baik untuk pembentukan otot. Makanya banyak binaragawan yang selalu menyelipkan putih telur sebagai menu makanan sehari-hari mereka untuk memperoleh hasil pembentukan otot yang optimal. Bahkan telur juga banyak dikosnumsi mentah oleh masyarakat.
Pertanyaannya, bolehkah makan putih telur mentah? Jawabannya diperbolehkan saja asal kualitas telur terjaga. Kualitas disini mencakup beberapa karakteristik yang sudah dijelaskan sebelumnya dan kebersihan cangkang telur. kebersihan cangkang sangat perlu diperhatikan supaya tidak ada bakteri yang menempel dan mengkontaminasi telur tersebut.
-          Mampu mengurangi berat badan
Menurut penelitian, mengkonsumsi dua butir putih telur setiap pagi mampu memberikan ebergi yang lebih optimal dibandingkan hanya mengkonsumsi roti. Karena tubuh menjadi bernergi, maka tidak perlu lagi mengkonsumsi karbihidrat secara berlebih. Kandungan protein di dalam telur mampu menggantikan tugas karbihidrat sebagai smber energi namun bebas dari kalori yang berlebihan. hal ini tent dapat mendukung siapa saja yang hendak menurunkan berat badan secara efektif. Bahkan menurut penelitian pula, konsumsi secara rutib 2 butir telur setiap pagi mampu menurunkan berat badan hingga 65% serta membuat tubuh lebih berenergi. Sebenarnya tak ada bahaya makan telur mentah jika telur yang dikonsumsi masih dalam kondisi fresh, bersih dan berkualitas.
-          Mencegah berbagai penyakit jantung
Karena putih telur tak mengandung kolesterol, maka konsumsinya dapat mencegah munculnya berbagai penyakit jantung. Selain kolesterolm putih telur juga tak mengandung lemak trans, lemak dan karbihidrat. Hal ini membuat konsumsi putih telur mampu meminimalisir tingkat asupan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.
Setelah mengulas informasi di atas, bagi yang sudah terbiasa menyingkirkan putih telur dan hanya memnetingkan kuning telur untuk dikonsumsi, kebiasaan tersebut harus segera dirubah. Ternyata manfaat putih telur mentah ataupun matang sangat banyak dan memberikan pengaruh posititf terhadap kesehatan.