Kiat dan Cara Memasarkan Telur Ayam Negeri

Cara memasarkan telur ayam negeri memang tak semudah yang dibayangkan. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya. Telur ayam negeri juga sangat mudah diperoleh di berbagai tempat dari warung, pasar hingga swalayan. Permintaan masyarakat akan telur semakin meningkat setiap waktu. saat ini telur tak hanya dibutuhkan oleh konsumen keluarga saja yang menjadikannya sebagai lauk favorit. Namun telur juga dibutuhkan oleh industry makanan ringan seperti kue, roti, snacks dan lain sebagainya. Tingginya tingkat permintaan tersebut tentu membuat bisnis telur ayam ras atau telur ayam negeri menjadi sebuah bisnis yang memiliki prospek bagus dan mendatangkan keuntungan berlimpah saat ini.

Cara Memasarkan Telur Ayam Negeri Dengan Jitu
Beberapa ide bisnis yang berhubungan dengan telur ayam negeri dapat dilakukan dengan rospek cerah saat ini. Ketika Anda memiliki modal usaha yang cukup besar dan skill serta pengetahuan tentang peternakan ayam petelur, bisnis menjadi peternak ayam negeri adalah pilihan yang tepat. Naun apabila tidak memiliki modal atau lahan yang memenuhi, menjadi distributor atau penjual adalah ide bisnis yang lebih tepat. Apapun itu bisnisnya, berikut ini adalah cara memasarkan telur ayam negeri yang tepat dan jitu sehingga bisnis menjadi mudah berkembang dan sukses.
-          Mencari rekan dan sasaran pasar yang potensial
Dalam berbisnis telur ayam ras, strategi pemasaran tentu adalah salah satu tiang utaa dalam menjalankan bisnis yang maju dan sukes. Cara pemasaran yang pertama dalam berbisnis atau menjadi distributor maupun penjual telur adalah mencari rekan dan sasaran pasar yang potensial. Rekan yang dimaksud disini adalah agen atau peterna telur ayam ras yang professional dan berkualitas untuk menyuplai kebutuhan telur yang hendak dipasarkan.
Sedangkan penetuan sasaran pasar adalah salah satu cara berjualan telur yang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan penyuplai atau agen telur yang diajak bekerjasama merupakan pihak yang sudah benar-benar berkualitas atau agen besar. Agen yang sudah besar pasti perputaran telurnya akan baik. Telur yang disediakan adalah telur yang fresh dan berkualitas. Berbeda dengan agen-agen yang masih kecil. Bahkan untuk memperoleh harga yang lebih terjangkau, bekerjasama langsug dengan pihak peternak adalah langkah yang tepat. Bahkan telur yang diperoleh pun akan selalu baru. Dengan begitu, Anda dapat menjual telurpada konsumen dengan harga yang lebih kompetitif.
Sedangkan untuk sasaran pasar atau konsumsn yang tepat yang dapat diajak bekerjasama antara lain toko kelontong, pedagang asongan, pedagang sayur keliling, warung atau toko, toko grosir telur, warung makan, kantin sekolah, tukang bakso atau mie dan masih banyak lagi.
-          Melakukan promosi yang menarik
Untuk dapat menarik konsumen lebih banyak lagi, tentu cara memasarkan telur ayam negeri harus benar-benar harus diperhatikan. Cara yang kedua setelah menentukan agen dan sasaran pasar yang tepat adalah melakukan promosi yang menarik. Promosi dapat dilakukan secara konvensional seperti dengan penyebaran pamphlet, brosur hingga menggunakan media online.
Untuk penyebaran brosur maupun pamfet dapat dilakukan di beberapa titik lokasi yang strategis dan sering dikunjungi banyak orang seperti pom bensin, geri foto kopi, bengkel, warnet, pangkalan ojek, terminal, ruang tunggu berbagai geri dan lokasi strategis lainnya. anda juga dapat melakukan proosi secara online melalui berbagai media social yang saat ini hampir dimiliki oleh setiap individu. Berikan informasi detail mengenai produk dan layanan yang dimiliki serta sampaikan alamat dan kontak yang jelas dan dapat dengan mudah dihubungi.
-          Menentukan cara dan sistem pembayaran
Menjadi pengusaha telur sukses tentu memerlukan perjuangan dan langkah-langkah bisnis yang jitu. Cara pemasaran yang tepat selanjutnya adalah dengan mementukan cara dan sistem pembayaran yang akan disediakan bagi para konsumen serta pelangan. Cara pembayaran yang baik tentu bukanlah yang memberatkan pihak toko alau pelanggannya. Untuk dapat menarik lebih banyak konsumen, strategi pembayaran dapat dilakukan dengan sistem kredit setiap minggu atau jangka waktu sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Namun, supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan, sepakati dahulu beberapa aturan dan jangka waktu kredit haruslah sesuai dengan jumlah kunjungan yang dilakukan. dengan begitu, pembayaran tagihan pun akan berjalan dengan lancar.
-          Menjaga kestabilan persediaan telur
Cara memasarkan telur ayam negeri yang selanjutnya adalah selaku menjaga stok atau persediaan telur pada gerai. Agar konsumen yang datang tidak merasa dikecewakan, selalu sediakan produk telur dan jangan smapai kehabisan. Untuk mensiasati apabila terjadi masalah dengan agen atau peternak telur sehingga tak bisa menyuplai telur, milikilah agen atau langganan peternak lebih dari satu. Dengan demikian, jika salah satu di antara mereka bermasalah, persediaan telur tak akan terganggu.
-          Menjaga kualitas pelayanan dan produk
cara sukses berdagang telur yang sangat perlu diperhatikan setiap saat adalah menjaga kualitas pelayanan dan kualitas produk yang dalam hal ini adalah telur. jangan sampai membuat konsumen kecewa atau mereka akan berpindah ke tempat lain untuk melakukan pembelian telur. Pastikan pelayanan terhadap pelanggan selalu maksimal dan sesuai dengan komitmen yang dimiliki. Kualitas telur juga harus selalu diperhatikan. Berikan telur berkualitas saja pada pelanggan. Telur berkualitas memiliki beberapa ciri seperti utuh, tidak berbau, selalu baru atau segar. Pisahkan telur yang sudah retak atau rusak cangkangnya supaya memudahkan konsumen dalam memilih.
Untuk dapat sukses dalam membangun bisnis telur baik menjadi peternak, penjual maupun distributor, tetap harus menguasai Teknik pemasaran yang tepat. Selain Teknik, cara pemasaran jitu juga harus berada di genggaman tangan. Seperti halnya cara memasarkan telur ayam negeri yang dijelaskan di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat!