Faktor Yang Mempengaruhi Harga Telur Bagi Distributor Telur di Semarang

Distributor telur di Semarang saat ini menjadi salah satu bisnis yang cukup diminati. Telur merupakan salah satu kebutuhan primer bagi seluruh kalangan masyarakat sebagai lauk untuk mencukupi asupan protein. Walaupun memiliki pengaruh yang baik terhadap pemenuhan gizi, namun harga telur masih dalam kategori terjangkau. Alasan inilah yang membuat perkembangan bisnis telur khususnya telur ayam negeri atau ras meningkat semakin pesat. Baru-baru ini masyarakat mengeluhkan tentang kenaikan harga telur yang cukup signifikan. Namun beberapa waktu lalu, harga telur mengalami penurunan yang tajam. Harga telur memang tidak dapat diprediksi dan dapat dengan mudah mengalami kenaikan atau penruunan. Semakin tinggi tingkat permintaan masyarakat, akan berbanding lurus dengan kenaikan harganya.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Telur Bagi Distributor Telur di Semarang

Pada umumnya, kenaikan harga telur terjadi saat moment-moment tertentu misalnya hari raya, liburan panjang dan lain sebagainya. Namun, ternyata masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan kenaikan atau penurunan harga grosir telur yang otomatis berdampak pula pada harga eceran. Berikut ini adalah daftar faktor mempengaruhi harga telur.
  • Cuaca atau musim
Faktor pertama yang mempengaruhi harga telur di pasaran adalah cuaca atay musim yang sedang berlangsung. Cuaca yang buruk akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas produksi telur. Perubahan cuaca yang tak menentu dapat menyebabkan ayam terserang stress. Akibatnya, jumlah produksi telur pun menjadi berkurang drastic. Kalau sudah demikian, pastilah harga telur akan mengalami kenaikan. Pengaruh cuaca ekstrim atau buruk juga dapat berdampak pada proses distribusi dari produsen ke pihak distributor telur di Semarang atau kota lainnya.
Hambatan tersebut adalah lambatnya proses distribusi telur. Jika sudah demikian, maka lonjakan harga telur ayam negeri pun tidak bisa dihindari. Bahkan diperkirakan kenaikan telur karena faktor yang satu ini dapat terjadi dengan perubahan yang signifikan. Terlebih telur merupakan bahan pangan yang cukup rentan dan perlu Teknik khusus agar dapat menghantarkannya sampai ke tangan konsumen. Telur yang dibawa atau diangkut dengan cara yang salah akan sangat mudah mengalami kerusakan seperti retak bahkan pecah. Pecah atau rusaknya telur sudah pasti menimbulkan kerugian bagi distributor maupun penjual telur eceran.
  • Isu yang berkembang di lingkungan masyarakat
Selain faktor cuaca, harga telur di Semarang dan di kota lainnya dapat mengalami perubahan karena isu yang berkembang di lingkungan masyarakat. Sekecil apapun kabar yang muncul di kalangan masyarakat walaupun tidak benar akan sangat cepat sekali menyebar. Apalagi disusul dengan pekembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah maju. Sebagai contoh, terdapat kabar bahwa terdapat penyakit atau virus berbahaya yang menyerang ungags termasuk ayam petelur. Kabar seperti akan sangat cepat sekali meluas. Mau tidak mau, hal tersebut akan berdampak dengan minat masyarakat dalam mengkonsumsi telur dan berbagai makanan yang berbahan dasar telur.
Kondisi inilah yang dapat menimbulkan pengaruh terhadap tingkat permintaan masyarakat terhadap telur dan secara otomatis menimbulkan perubahan harga. Sebagai konsumen yang cerdas dan bijak, hendaknya tidak menangkap secara entah informasi-informasi yang baru bersifat rumor. Cari tahu dahulu secara mendetail tentang kebenaran kabar tersebut. Sudah banyak fakta yang merujuk pada kerugian seseorang karena terlalu percaya terhadap kabar yang ternyata tidak benar adanya.
  • Terjadinya bencana alam
Perubahan harga telur tidak selalu bersumber pada agen telur di Semarang atau kota lainnya. Faktor yang berpengaruh terhadap perubahan harga telur ayam ras yang selanjutnya adalah ketika terjadi bencana alam. Bencana alam merupakan musibah yang tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi kapan saja. Bencana alam tentunya memberikan dampak pada berbagai sector tidak hanya sektor bisnis telur saja. Bencana alam dapat membuat distribusi telur ke agen-agen atau distibutor menjadi sangat terhambat. Apalagi jika bencana alam terjadi pada area atau kota-kota yang menjadi lokasi peternakan ayam petelur. Pemenuhan kebutuhan dan tingkat permintaan masyarakat akan telur ayam negeri pun akan sangat terganggu.
Proses penyaluran telur dari produsen oleh distributor telur di Semarang atau toko lainnya kepada para konsumen akan mengalami keterlambatan dan hambatan yang cukup signifikan. Kondisi ini tentu saja akan meningkatkan harga telur ayam ras. Peningkatan harga yang terjadi karena kelangkaan pastilah sangat siginifikan. Pada kondisi ini, banyak masyarakat khususnya yang menengah ke bawah lebih memilih untuk berhenti dahulu dalam mengkonsumsi telur. Mereka akan lebih memilih mengganti asupan protein dari bahan makanan lain seperti kedelai dan yang lainnya.
  • Hari raya
Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, bahwa perubahan harga telur ayam dapat terjadi ketika memasuki hari besar atau hari raya. Pada umumnya, saat hari raya tiba, tingkat permintaan telur akan meningkat dengan pesat. Hal inilah yang akan mempengaruhi harga telur. Sudah menjadi hukum ekonomi bahwa semakin tingginya tingkat permintaan, pasti harga juga akan semakin melonjak tinggi. Kebutuhan masyarakat terhadap telur saat hari raya atau hari besar tak hanya untuk dikonsumsi langsung. Kebutuhan akan telur mengalami peningkatan juga karena telur juga merupakan salah satu bahan baku pembuat camilan, roti, kue atau jenis makanan lainnya yang identic disuguhkan untuk para tamu yang berkunjung saat hari raya.
Ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhi harga telur baik dari alam maupun kondisi lingkungan. Perubahan harga pasti akan berpangkal pada produsen atau peternak yang akan berpengaruh pada distributor telur di Semarang dan kota lainnya hingga sampai pada tangan konsumen.