Cara Agar Sukses Usaha Menjadi Penjual Telur Keliling Bekerjasama Dengan Supplier Telur di Semarang

Supplier telur di Semarang jumlahnya semakin bertambah setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, terdapat berbagai faktor yang menyebabkan pertumbuhan supplier atau pebisnis telur ini semakin meningkat. Telur merupakan salah satu bahan sembako yang dapat dikategorikan menjadi bahan primer. Kebutuhan masyarakat akan telur selalu terjadi setiap hari. Selain dimanfaatkan sebagai sumber protein dan lauk yang mengandung banyak sekali nutrisi, telur juga banyak digunakan sebagai bahan pembuat berbagai snack dan camilan seperti roti, kue dan makanan ringan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan telur, menjadi penjual telur keliling adalah langkah usaha yang sangat menjanjikan. Tingkat permintaan telur yang cenderung tinggi dari berbagai kalangan masyarakat akan mendatangkan keuntungan dan pundi-pundi rupiah yang efektif.
Cara Agar Sukses Usaha Menjadi Penjual Telur Keliling Bekerjasama Dengan Supplier Telur di Semarang
Dalam melakukan usaha dagang telur keliling, diperlukan alat transportasi seperti motor, truk, mobil, sepeda hingga grobak. Alat trabsportasi tersebut diperlukan karena sistem penjualan yang dilakukan nantinya adalah berkeliling atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dalam melancarkan usaha ini, garga yang ditetapkan dapat harga grosir telur atau harga eceran. Yang terpenting adalah memperhitungkan nilai modal dan keuntungan dengan seksama supaya tak merugi. Berikut ini terdapat beberapa cara berdagang telur keliling supaya sukses.
  • Bekerjasama dengan agen atau supplier yang tepat
Cara sukses membuka usaha berjualan telur keliling yang pertama adalah menentukan supplier yang berkualitas. Saat ini sudah banyak sekali agen atau supplier di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Semarang. Semakin tingginya permintaan masyarakat terhada telur membuat agen telur juga semakin banyak. Sebagai pedagang telur keliling dengan sistem penjualan frosir atau eceran, Anda harus bekerjasama dengan supplier telur yang tepat. Beberapa kriteria supplier yang baik antara lain memberikan telur dengan kualitas tinggi yakni selalu baru dan fresh dan jauh dari kerusakan. Kriteria yang selanjutnya adalah memberikan timbangan yang pas serta layanan yang berkualitas.
Pilihlah agen atau supplier telur di Semarang yang sudah besar dan professional. Pada agen besar dengan jumlah konsumen yang banyak pula, pertukaran telur dapat dipastikan berjalan lancar sehingga telur-telur selalu dalam keadaan baru. Pilihlah pula agen telur yang memberikan harga bersaing. Akan lebih baik jika Anda bekerjasama dengan peternak secara langsung. Harga belinya pasti akan jauh lebih murah sehingga Anda juga dapat menjualnya dengan harga yang lebih terjangkau dari pihak lain. Hal ini akan dapat menarik semakin banyak konsumen.
  • Menentukan harga jual dengan berbagai pertimbangan
Cara yang kedua supaya sukses dalam berdagang telur keliling adalah menetukan harga jual. Untuk lebih menarik lebih banyak konsumen dan pelanggan, tentukan harga yang berbeda pada pembelian telur jumlah sedikit dan banyak. Pasang harga yang kompetitif dari pihak penjual lainnya.
  • Melakukan seleksi telur supaya menjual telur yang berkualitas saja
Setelah menemukan supplier telur di semarang yang professional dan berkualitas, cara yang selanjutnya adalah menyeleksi telur yang hendak dijual. Pisahkan telur yang sudah rusak dengan telur yang masih bagus atau berkualitas. Telur yang mengalami kerusakan contohnya telur yang cangkangnya sudah ratak hingga sudah busuk. Karena dibawa berkeliling, pastikan telur yang dijual hanyalah telur yang berkualitas. Dengan demikian, konsumen akan merasa puas dan akan menjadi langganan. Akan lebih baik jika telur dikelompokkan sesuai dengan ukurannya. Kelompokkan telur ayam negeri berukuran besar dengan telur berukuran besar, sedang dengan sedang dan kecil dengan kecil. Langkah ini akan dapat mempermudah konsumen dalam memilih telur dengan ukuran yang mana yang mereka inginkan.
  • Memperhatikan sistem penyimpanan telur supaya aman
Banyak agen telur di Semarang yang telah professional dan melayani pesan antar. Kurir pesan antar pasti memiliki Teknik tersendiri dalam membawa telur sehingga tetap aman dan tidak mengalami kerusakan. Contohlah Teknik tersebut untuk membawa dagngan telur ketika berjualan keliling. Apabila terdapat telur yang mengalami keretakan atau kerusakan lain, pisahkan tempatnya dan jangan dijadikan satu dengan telur yang masih bagus. Bakterinya akan mudah mencemari telur-telur lain yang masih baik kualitasnya. Sebagai tips, jualah telur yang sudah dibersihkan sebelumnya lalu dikemas dengan wadah yang menarik. Hal tersebut tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.
  • Menentukan strategi dagang yang tepat
Sama halnya seperti peternak atau distributor telur di Semarang, sebagai penjual telur keliling juga harus menerapkan strategi dagang yang jitu. Karena terdapat banyak pesaing, Anda harus pintar-pintar mengambil celah kesempatan. Perhitungkan jumlah telur yang hendak dibawa dengan mempertimbangkan media transportasi yang dipergunakan. Jika barang daganggnya tidak terlalu banyak, motor akan lebih tepat dijadikan moda transportasi dibanding dengan mobil. Bahkan apabila lokasi penjualannya dekat, Anda dapat menuju ke tempat tersebut dengan berjalan kaki bersepeda. Memang sedikit melelahkan namun keuntungan yang dapat diperoleh akan semakin besar.
  • Menentukan lokasi berjualan yang strategis
Cara yang terakhir untuk dapat sukses dalam berdagang telur keliling adalah menentukan lokasi atau tempat berjualan yang strategis. Strategis yang dimaksudkan disini adalah lokasi dimana banyak orang yang membutuhkan telur. Lokasi yang strategis yang dapat dipilih misalnya perumahan, pasar dan sebagainya. Anda juga dapat menawarkan telur pada toko-toko atau warung dengan harga grosir. Apabila Anda dapat menjualnya dengan harga yang sama seperti harga tengkulak mereka, pasti mereka akan memilih untuk membeli tdagangan Anda. Selain tidak direpotkan masalah membawanya, transaksinya juga lebih mudah. Supya dapat mematok harga yang sama dengan distributor, sebaiknya lakukan kerjasama dengan peternak langsung.
Untuk dapat berhasil dalam berbisnis jual telur keliling ternyata membutuhkan beberapa langkah dan cara yang harus dilakukan. Pemilihan supplier telur di Semarang juga harus dilakukan dengan tepat. Selain menyediakan telur yang berkualitas, supplier yang baik juga memberikan pelayanan yang memuaskan.