Inspirasi Aneka Bisnis Telur Ayam Dengan Untung Berlimpah

Aneka bisnis dari telur ayam dapat dilakukan dan mendatangkan banyak keuntungan. Telur ayam merupakan salah satu jenis bahan lauk yang dapat digolongkan dalam bahan makanan baku. Hampir setiap keluarga menjadikan lauk sebagai lauk kegemaran. Selain mudah diperoleh, kandungan nutrisi di dalam telur juga sangat beragam sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tak hanya itu, telur juga memiliki rasa yang lezat dank has, mudah diolah menjadi berbagai hidangan namun harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan berbagai jenis daging. Bahkan jika dibandingkan dengan daging, telur juga lebih awet karena dilindungi dengan cangkang. Melimpahnya telur khususnya telur ayam negeri terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti mengenal telur dan tak jarang menjadikannya sebagai lauk favorit.

Inspirasi Aneka Bisnis Dari Telur Ayam
Ternyata, ketersediaan telur yang cenderung masuk dalam kategori mudah diperoleh tak hanya dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumsi telur masyarakat saja. Tapi kini banyak pula masyarakat yang menjadikan dunia telur menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. misalnya saja yang baru-baru ini cukup popular yakni bisnis telur online. Pemanfaatakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga dapat dilibatkan dalam menjalankan sebuah bisnis termasuk bisnis telur. Anda dapat memasarkan telur secara online sehingga dapat dikenal dan diakses dengan lebih luas, terperinci dan bebas oleh masyarakat.Bagi Anda yang memiliki jiwa bisnis, terdapat beberapa ide usaha yang dapat dilakukan.
-          Menjadi peternak telur
Bisnis telur yang pertama yang dapat dilakukan adalah menjadi peternak telur. Jika Anda mengincar pasar telur yang tingkat permintaannya tinggi, maka berternak ayam petelur adalah pilihan terbaik. Jika dibandingkan dengan aneka bisnis dari telur ayam lainnya, berternak ayam petelur memerlukan modal yang cukup tinggi. Perlu beberapa persiapan yang harus dilakukan seperti persiapan lokasi, pembuatan kendang, bibit ayam yang unggul, makanan hingga vaksin yang diberikan pada ayam.
-          Menjadi agen/distributor telur
Yang lebih mudah dan modalnya tidak sebanyak beternak ayam petelur adalah menjadi agen atau distributor telur. Kunci utama supaya bisnis ini sukses adalah bekerjasama dengan peternak yang professional sehingga memperoleh harga yang bersaing serta memiliki pelanggan tetap.Harga telur ayamyang dipatok tentu merupakan harga grosir bagi para pelanggan yang hendak menjual telur kembali.
-          Memproduksi telur asin
Dari berbagai aneka bisnis dari telur ayam yang ada saat ini, telur asin pasti sudah taka sing di telinga. Yang berbeda, bisnis ini membutuhkan telur bebek dan bukan telur ayam. Proses pembuatannya pun cukup mudah denga daya tahan telur yang cenderung lama. Bahkan berbagai inovasi dapat dilakukan seperti telur asin bakar, telur asin panggang, telur asin rasa dan masih banyak lagi.
-          Memproduksi telur ayam rasa
Usaha dari telur ayam yang selanjutnya adalah menjadi pembuat telur ayam rasa. Apabila selama ini yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah telur asin dengan bahan dasar telur bebek, kali ini Anda dapat melakukan inovasi baru dengan mengolah telur ayam negeri menjadi telur aneka rasa. Produk ini tentu masih terdengar asing di telinga masyarakat. Namun hal tersebut justru menjadi tantangan tersendiri bagi usaha Anda bagiamana cara pemasarannya supaya sampai pada masayrakat secara optimal.
Telur yang mengandung berbagai nutrisi salah satunya adalah protein biasanya digunakan sebagai pendamping nasi dan sayur. Inovasi baru telur ayam rasa ini menampilkan telur ayam dengan warna-warna menarik dan aroma khas buah yang nantinya dapat menarik konsumen. Selain dikonsumsi sendiri, biasanya telur aneka rasa juga digunakan sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi kerabat, teman atau keluarga setelah bepergian. Bahkan telur aneka rasa ini uga dapat dikemas menjadi parcel untuk diberikan saat hari raya. Bagi yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai bahan-bahan hingga cara pembuatan.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
-          Telur ayam negeri
-          Essence rasa buah
-          Air bersih
-          Air cuka
-          Pewarna makanan
Alat yang diperlukan
-          Kompor
-          Panci yang digunakan untuk merebus
-          Baskom
-          Jarum suntik 10 ml
-          Sendok dan garpu
-          Tissue
-          Tutup botol plastic digunakan untuk pijakan telur
Cara membuat telur ayam aneka rasa
1.      Mencuci hingga bersih telur ayam yang hendak diolah menjadi telur ayam rasa buah lalu dikeringkan hingga cangkang benar-benar kering.
2.      Menyiapkan jarum suntik dengan tabung peenyedot lalu menyuntikkan jarum pada telur yang berongga udara (bagian bawah telur) karena memiliki pori-pori sehingga lebih mudah dilubangi. Lalu tusukan jarum tepat di tengah dan putar perlahan untuk mengaduk isinya. Barulah jarum dikeluarkan kembali.
3.      Memasang kembali jarum suntik melalui lubang yang sama pada telur lalu keluarkan isi telur kira-kira 10 ml secara perlahan supaya cangkang telur tidak pecah.
4.      Masukkan isi telur tersebut pada baskom lalu campur dengan essence buah serta pewarna secukupnya dan aduk rata menggunakan garpu. Inilah yang menjadi bisnis ini berbeda dengan aneka bisnis dari telur ayam lainnya.
5.      Masukkan kembali isi telur tersebut ke dalam masing-masing telur dengan takaran hampir sama dengan pengeluaran sebelumnya yakni 10 ml. Lakukan dengan hati-hati agar cangkang tidak rusak.
6.      Setelah cairan yang sudah berasa dan berwarna tersebut masuk, guncangkan telur supaya tercampur dengan bagian lain.
7.      Merebus telur-telur yang sudah siap ke dalam air mendidih yang sudah dicapurkan kurang lebih 3 sendok makan cuka. Langkah ini dilakukan untuk menghindari resiko pecahnya cangkang ketika direbus. Pastika seluruh permukaan telur terendam sempurna.
8.      Setelah 10-15 menit perebusan telur, angkat telur lalu langsung masukkan ke dalam air dingin. Diamkan sesaat, angkat dan tiriskan telur. Telur aneka rasa pun siap dihidangkan.
Setelah mengetahui penjelasan mengenai aneka bisnis dari telur ayam di atas, semoga semakin menginspirasi Anda dalam membuka usaha atau bisnis di bidang telur ayam negeri. Ketersediaan telur ayam negeri yang cukup banyak dan konsisten tidak menutup kemungkinan bagi bisnis Anda untuk semakin berkembang dan maju. Hal yang sangat penting adalah memperhitungkan secara matang antara modal dan keuntungan di saat harga telur mengalami kenaikan yang signifikan. Jangan sampai usaha Anda merugi.