Keuntungan usaha jual telur ayam dengan beternak

Apa yang pernah Anda bayangkan ketika seseorang menyebutkan kata telur? Telur memiliki bentuk yang bulat, bundar dan lonjong. Benda ini berasal dari unggas. Setiap orang sudah pasti sering makan telur, bahkan kadang makanan ini menjadi menu yang disukai banyak orang dan sering dijumpai di dapur. Hal ini tidak bisa terlepas dari kandungan vitamin dan protein yang berada di dalamnya. Bagaimana pun cara mengolah telur, rasa telur tetap saja nikmat dan enak. Hampir semua orang menyukai rasa makanan lezat ini. namun, apakah Anda tidak pernah terbesit  untuk mencoba bisnis usaha jual telur ayam?
Keuntungan usaha jual telur ayam dengan beternak
Untuk menghasilkan telur, diperoleh dari ayam. Atas dasar ini banyak orang yang memilih beternak ayam petelur. Lantas, apa saja kelebihan usaha ini? Berikut beberapa keuntungan usaha ini.
  1. Adanya permintaan yang tinggi
Usaha ayam petelur dilakukan agar bisa diambil telurnya untuk komoditas ekonomi. Permintaan masyarakat pada telur setiap hari semakin lama menjadi semakin bertambah besar. Hal ini disebabkan karena telur menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia dan sering disebut dengan sembako. Ditambah dengan banyaknya penduduk di Indonesia di kota, sehingga permintaan telur semakin bertambah banyak.
Telur adalah kuliner yang banyak disukai oleh sebagai teman dari nasi. cukup banyak olahan makanan yang mempergunakan telur untuk bahan dasar seperti kue bolu, martabak, dan berbagai macam makanan lain. sehingga penjualan dari komoditi ini sangat laris manis karena produktivitas ayam juga tinggi, usaha ini bisa dikembangkan sebagai bisnis Anda.
  1. Pasar yang sangat luas
Pangsa pasar sebenarnya bukan hanya mengandalkan rumah tangga tetapi pengusaha-pengusaha kuline rjuga memerlukan telur Anda. contohnya seperti industri makanan rumahan seperti di desa-desa. Kita bisa menjadi agen jual telur ayam.
Lantas, apa yang membuat telur ayam dari dalam negeri lebih banyak dicari orang? Penjualannya bahkan sampai di warung gang kecil. Hal ini disebabkan telur ayam dari dalam negeri mempunyai ukuran lebih besar serta harga yang cukup murah. Luasnya pangsa pasar ini membuat usaha beternak menjadi lebih prospektif. Omzet setiap hari pun juga lumayan tinggi. Jadi, tepat rasanya jika Anda memilih usaha ini.
Cara memulai bisnis usaha jual telur ayam
Sesudah mengetahui seberapa besar keuntungan dari bisnis ini, pasti Anda langsung ingin mencoba menjalankannya. Ada beberapa tahapan untuk memulai bisnis ini, mulai dari 0 hingga yang lainnya.
Pertama, Anda harus memahami bisnis ini dengan baik. masalah bisnis merupakan masalah memahami atau tidak. di dalam usaha yang akan dijalankan, pastikan Anda sudah memahami bisnis ini. Dari mulai awal hingga akhir, karena salah satu penyebab dari kegagalan usaha banyak orang adalah tidak mengetahui serta memahami bisnis yang digeluti. Begitu pun dengan usaha ternak ayam ini. kita harus memahami usaha dengan mendalam mulai dari cara menjalankannya hingga memulainya.
Cara merawat ayam petelur yang benar dan tepat, rincian modal juga tidak boleh luput. Hal ini harus dipelajari agar Anda tidak kaget dengan beragai permasalahan yang ada dan dapat mengatasinya dengan gesit. Karena, bisnsi seperti ini cukup rawan risiko. Risiko yang harus siap Anda hadapi seperti penyakit, cuaca atau iklim hingga harga. Cara untuk memahaminya secara mendetail adalah bertanya pada peternak ayam yang sudah sukses.
Biasanya, mereka telah berpengalaman dengan usaha jual telur ayam ini. pilih peternak yang sudah melakoni usahanya selama lebih dari 5 tahun untuk mencari rahasia cara jual telur ayam. Karena, biasanya pengusaha yang sudah melalang buana lebih dari 5 tahun dan masih sukses, ia berarti sudah melakui naik turun dunia usaha. Hal penting yang harus diketahui adalah manajemen pemeliharaan yang baik serta masalah pemasaran ayam. Jangan sampai kita akan melakoni usaha ini namun tidak tahu dari mana harus memulainya. Atau tahu cara memulai, namun tidak tahu seperti apa cara memasakannya.
Kedua, persiapan modal usaha. Dengan memahami berbagai permasalahan ternak ayam petelur dengan lengkap, berikutnya adalah persiapa modal usaha. Modal usaha bukan hanya modal uang namun peralatan, tanah serta keterampilan. Untuk besar modal usaha uang, bergantung dengan skala yang sekarang akan dijalankan. Bila memilih usaha dengan skala kecil, modal yang diperlukan akan cukup kecil, tetapi bila memilih skala besar, sudah pasti akan lumayan besar pula. Agar lebih irit dalam promosi, Anda bisa jual telur ayam online.
Berikut beberapa rincian modal yang Anda butuhkan ketika membuka usaha, seperti:
  1. Kandang ayam. Untuk membuat kandang ayam ini dapat menggunakan bambu dan kayu bekas. Biayanya kurang lebih Rp 8 jutaan.
  2. Karyawan. Untuk tenaga kerja, di awal masa usaha lebih baik Anda bekerja sendiri terlebih dahulu, atau meminta bantuan dari keluarga dekat. Bila sudah berkembang lebih besar, pilih tenaga kerja yang telah berpengalaman.
  3. Lokasi usaha. Tentang lokasi usaha, pilih lokasi di lahan kosong dari warga. Atau, bila mempunyai tanah kosong dan cukup jauh dari pemukiman warga, dapat membuka usaha ini. hal yang pasti adalah jaga jarak dengan pemukiman warga.
  4. Pakan ayam. Agar pengeluaran untuk pakan ayam jauh lebih hemat, usahakan membeli pakan ayam di distributor atau di agen.
  5. Bibit ayam. Kita bisa membeli bibit ayam di agen. Harga bibit ayam ini cukup bervariasi bergantung dari umur ayam, jumlah pembelian dan tempat melakukan pembelian. Tak perlu terburu-buru, lakukan survei terlebih dahulu sebelum membeli bibit ayam. Demikian tips usaha jual telur ayam.